Cara membuat blog gratisan di wordpress.com

Dalam kesempatan ini ane ingin berbagi panduan membuat blog di wordpress.com bagi para pemula.

Adapun syarat untuk membuat blog gratisan di wordpress.com hanya satu, yaitu agan harus memiliki email terlebih dahulu. Jadi jika agan belum punya email, agan buat email terlebih dahulu, baru kemudian bisa melangkah ke step selanjutnya.

Adapun langkah-langkah pembuatan blognya sebagai berikut :

1. Buka situs https://wordpress.com

Laman WordPress

2. Klik tombol Get Started

3. Maka akan muncul Step 1 untuk pendaftaran seperti gambar dibawah ini.

Step 1

Untuk step 1 ini bisa agan isi atau agan abaikan dan langsung klik tombol Continue untuk melanjutkan ke step berikutnya. Adapun tampilan step 2 seperti gambar dibawah ini.

Step 2

Pada step kedua ini kita diminta untuk memasukkan nama atau kata kunci blog yang akan kita buat (sebagai contoh kita masukkan nama atau kata kuncinya “tipskomputer”. Setelah kita ketikkan nama blog atau kata kuncinya, akan langsung menuju tampilan selanjutnya seperti dibawah ini.

Step 2 Blog WordPress
Pada gambar diatas menunjukkan pilihan – pilihan nama blog yang masih tersedia. Agan bisa mencoba nama blog yang agan inginkan, dan bisa sekalian mengecek ketersediaan nama blog yang agan inginkan.

Step 3
Pada gambar diatas (step ketiga) setelah kita mendapatkan nama blog yang diinginkan, kita masuk ke menu pilihan rencana blog yang akan dibuat yaitu Free, Personal, Premium dan Business lengkap dengan harga pembelian blognya.

Step 4

Setelah selesai menentukan pilihan pembelian blog, kita melangkah ke step keempat, seperti yang ditampilkan pada gambar diatas. Yang mana pada step ini kita diminta memasukkan email, username dan password, setelah agan diisi kita lanjutkan dengan menekan tombol continue

Sampai disini langkah pembuatan blog sudah selesai. Agan tinggal melakukan langkah terakhir untuk mengaktifkan blog wordpress agan. Agan cek email yang digunakan untuk pendaftaran tadi dikarenakan wordpress telah mengirimkan email yang berisi link untuk mengaktifkan blog agan. (Klik link yang diberikan pada email tersebut).

Selamat !!!! Blog agan sudah aktif dan siap mengudara.